SASAK TUA Yang Tak Pernah Tua (SASAK CIRAHONG)

Jembatan Cirahong

Margaluyu Manonjaya Tasikmalaya, Sasak Cirahong berasal dari bahasa sunda yang artinya Jembatan Cirahong. Jembatan yang dibangun pada tahun 1893 ini adalah jembatan sangat tua yang menjembatani alat transfortasi darat, yaitu kereta api, mobil dan motor. Jembatan yang menguhubungkan antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengguna jembatan sehingga jembatan ini sering dijadikan sebagai objek wisata, baik untuk sekedar jalan-jalan,dan climbing ataupun berfoto-foto.
Jembatan peninggalan belanda ini menggunakan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat, sepanjang 202 meter, dan mempunyai keunikan tersendiri dengan memiliki dua fungsi, bagian atas jembatan berfungsi sebagai lintasan kereta api, sedangkan bagaian bawah berfungsi sebagai lalu lintas kendaraan bermotor. Namun jembatan ini tidak dapat digunakan oleh kendaraan besar, dikarenakan lebar dan tinggi jembatan yang tidak memadai, selain itu jembatan ini hanya bisa digunakan satu jalur, sehingga menggunakan sistem buka tutup.
Jembatan yang melintang di atas sungai citanduy ini disuguhi oleh keindahan alam yang berupa pohon-pohon hijau dan air sungai yang mengalir. Sebagai perawatan jembatan agar tetap bisa digunakan warga setempat mempunyai inisiatif mengganti alas jembatan yang terbuat dari kayu secara berkala.

Aconkroy

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan