Pandu Berkarya, Warga Ceria.

Seorang warga sedang melakukan aktifitas pekerjaan sebagai pengrajin kursi bambu hitam di Desa Mandala Mekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya yang merasa beruntung dengan diadakannya Sekolah Pandu di Desanya. /Photo by. Kelompok I

Cinunjang, (Manda Mekar). Sudah hampir genap satu bulan Desa Mandala Mekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat menjadi lokasi Pelatihan Sistem Informasi Desa Se-Kabupaten Tasikmalaya (Sekolah Pandu), banyak unsur yang terlibat di dalam kegiatan tersebut, dari mulai Pemerintahan sampai Masyarakat Desa Mandala Mekar.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Masyarakat Desa Mandala Mekar khususnya di Dusun Cinunjang merasakan dampak positif terhadap perekonomian mereka.

Menurut Bapak Alan (57) salah satu warga yang kami temui, Kamis (20/09/2018), mengemukakan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 4 bulan ini adalah suatu berkah bagi perekonomian warga. “Kegiatan ini membawa berkah bagi warga, saling menguntungkan bagi peserta maupun warga setempat, seperti halnya warung-warung jadi banyak pembeli, menambah lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu seperti ikut memasak, juga secara tidak langsung bisa mengenalkan hasil kerajinan tangan warga setempat“ papar pria yang kesehariannya sebagai pengrajin kursi bambu hitam ini sambil menyeruput kopi yang disediakan istrinya tercinta.

Seorang warga sedang menikmati kopi. /photo by. Kelompok I

Harapan pria yang juga menjadi penggerak kesenian ini, para peserta yang ikut dalam kegiatan dapat merasakan manfaatnya, dan mempunyai kesan yang mendalam terhadap warga Desa Mandala Mekar. Beliau juga meminta maaf jika pelayanan dari masyarakat terhadap peserta tidak memuaskan. “Bapak juga minta maaf karena di sini keadaannya seperti ini, jalan-jalan kurang bagus, tempat menginap pun hanya seadanya” pungkasnya sambil tersenyum ceria.

By. AconkRoy

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan