Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pengajian Rutin Bulanan Desa

Mustami pengajian bulanan Desa Batusumur

Desa Batusumur (Manonjaya-Tasikmalaya). Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Kata maulid atau milad berasal dari bahasa Arab yang artinya hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabi’ul Awal dalam penanggalan Hijriyah. (sumber wikipedia.org).

Di Desa Batusumur, Pemerintah beserta Masyarakat se-Desa Batusumur rutin menggelar pengajian yang dilaksanakan setiap bulan, bertempat di Aula Desa dan diberi nama pengajian bulanan Desa.

Acara yang dilaksanakan setiap hari minggu pada minggu ke dua ini dipandu oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Batusumur, dan diisi oleh ceramah-ceramah keagaaman dari para Tokoh Ulama yang terkemuka di Desa yang berjarak kurang lebih 8 KM dari Kecamatan Manonjaya ini.

Pengajian bulanan Desa  pada hari Minggu (11/11/2018), bertepatan dengan bulan Rab’iul Awal 1440 H, Panitia Penyelenggarapun berinisiatif untuk sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, karena ini merupakan memont yang sangat berharga dimana Pemerintah Desa beserta Lembaga dan para Tokoh dapat berkumpul bersama Masyarakat.

KH. Sofyan Tsauri (Pimpinan Ponpes Miftahul Huda 26) sedang memberikan ceramah pada pengajian bulanan Desa Batusumur. //photo by. AsepAus

Menurut Kepala Desa Batusumur, Endang Ruhimat (55), selain menimba Ilmu Agama acara ini juga merupakan ajang silaturahmi antara Pemerintahan Desa, Lembaga Desa, Para Tokoh dengan Masyarakat. Beliu berharap acara ini dapat selalu diselenggarakan, karena sangat besar manfaatnya bagi seluruh elemen di Desa ini. “Selain ajang menimba Ilmu Agama, acara ini juga merupakan moment silaturahmi antara Pemerintahan dengan Lembaga, para Tokoh dan Masyarakat. Dan kebetulan ini adalah bulan Mulud (red Rabi’ul Awal), sekalian kita muludan (red Memperingati Maulid Nabi). Saya juga berharap acara ini dapat terus dilaksanakan meski bagaimanapun kondisinya, karena manfaatnya banyak sekali, kita juga dapat menginformasikan tentang Kepemerintahan kepada Masyarakat”. Tutur pria yang sudah dua periode menjadi Kepala Desa ini.

Endang Ruhimat (kiri), Kepala Desa Batusumur, bersama Ust. M. Badrussalam (kanan). Ketua MUI Desa Batusumur. //photo by. AsepAus

Acara yang rutin dilaksanakan di Gedung Aula Desa Batusmur ini ditutup dengan Shalat Dzuhur berjamaah dan makan-makan bersama yang disediakan oleh Ibu-ibu PKK Desa Batusumur.

Suparman Ishlah, Sekretaris Desa Batusumur sedang menikmati makan siang yang disediakan oleh Ibu-ibu PKK Desa Batusumur. //photo by. AsepAus

oleh_ACR99_jurnalisDesaBatusumur

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan